Sabtu, 04 Juli 2020

Resensi buku nonfiksi



Identitas Buku
Judul buku                           : Hanya 2 Menit  Anda Bisa Tahu Potensi Rezeki Anda
Penulis                                 : Ippho Santosa
Tahun Terbit                        : 2012
Penerbit                               : PT. Elex Media Komputindo
Jumlah halaman                   : 120

Sinopsis buku
Ippho Santosa seorang motivator dan enterpreneur muda Indonesia dalam buku ini ia menjelaskan tentang kesuksesan yang dicapai seseorang. Dia mengajak kita untuk menjadi kaya. Kenapa harus kaya karena dengan kekayaan kita akan mendapat banyak kesempatan untuk bersedekah, untuk menolong orang lain. Kekayaan bukan tujuan tetapi menjadi alat untuk beribadah.


Menurutnya kekayaan itu dibangun oleh 4 fondasi yaitu mindset, passion, value dan model yang tiangnya adalah bisnis, investasi, properti dan emas. Mindset yang harus dibangun adalah dengan selalu berpikiran positif dan menghindari kata-kata negatif yang pada akhirnya bisa melemahkan dan memengaruhi otak bawah sadar. Baginya keyakinan dan pemahaman serta kalimat-kalimat positif akan menjadi kunci dari sebuah kesuksesan.Selain itu ia pun menganjurkan agar dalam meraih kesuksesan harus menggunakan otak kanan.

Ippho Santosa pun mengemukakan bahwa ukuran sukses dan kaya itu ditetapkan oleh diri kita sendiri. Jangan membandding-bandingkan dengan orang lain. jika ingin membandingkan maka bandingkan dengan diri kita di masa lalu dan apapun progresnya harus disyukuri. Bersyukur akan membawa banyak manfaat diantaranya Manfaat dari bersyukur energi akan positif, pikiran akan jernih, perasaan akan teduh, potensi rejeki akan terbuka, nikmat-nikmat akan bertambah, ujung-ujungnya kita akan dikayakan.

Dalam buku ini dikemukanan juga rahasia sukses Ippho Santosa menjadi motivator dan enterpreneur, rahasia sukses orang Jepang, rahasia kekayaan Donald Trump dan Robert Kiyosaki, rahasia sukses Chairul Tanjung dan Muhammad Yunus, rahasia sukses Azim Premji dan Ahmadinejad, rahasia kekayaan Abdurrohman bin Auf dan Ustsman bin Affan, rahasia sukses Wali Songo. Mereka membangun kesuksesan dengan tahan banting, pantang menyerah. Azim Premji, Ahmadinejad, Abdurahman bin Auf, Utsman bin Affan mereka orang-orang sukses yang hidup dengan kesederhanaan, kekayaan yang mereka miliki digunakan untuk bersedekah. Mereka orang-orang kaya yang sukses tapi dermawan. Kesuksesan para Wali Songo dalam menyebarkan Islam dibangun dengan adaptasi.

Dalam buku ini pun ippho Santosa mengemukakan rumus sukses. Baginya rumus sukses itu adalah Sukses besar = pembeda abadi x daya ungkit x kesesuaian momentum. Pembeda abadi dari Iphho Santosa adalah dalam tulisan-tulisannya ia selalu mencantumkan otak kanan. Daya ungkitnya ia memanfaatkan media-media besar untuk membangun branding.  Bukan hanya koran melainkan juga radio, televisi, majalah.  Daya ungkit lainnya adalah dengan bergabung dengan komunitas, sosmed. Daya ungkit lain terkait uang adalah bank, properti dan emas. Terkait spiritual daya ungkitnya adalah niat, kebersamaan, sedekah, dhuha dan ikhlas.

Kelebihan buku ini disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan mampu memotivasi kita untuk memiliki kehidupan yang luar biasa namun dengan sikap hidup yang sederhana. Mengajak kita untuk meraih kesuksesan dan kekayaan tapi kekayaan tersebut digunakan untuk bersedekah dan berbagi dengan sesama.

Kelemahan buku saya melihat ada penulisan kata yang tidak sesuai dengan KKBI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar